Gelar Walimatus Safar, Sekda Dedy; Semoga Pulang Dari Tanah Suci Jadi Haji Mabrur Dan Mabruroh

KabarinBekasi, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar acara Walimatus Safar untuk petugas haji daerah Kabupaten Bekasi. Walimatus Safar sendiri merupakan tradisi dikalangan umat muslim untuk melepas calon jamaah haji dan umrah pergi ke tanah suci, dengan pembacaan doa bersama dan ditutup dengan memberi makan tamu undangan.

Acara yang digelar di Masjid Nurul Hikmah, Komplek Pemkab Bekasi Cikarang Pusat, pada Selasa (7/5) ini, dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, jajaran Kepala Perangkat Daerah, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, serta para petugas haji Kabupaten Bekasi.

Dalam sambutannya, Sekda Dedy Supriyadi mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengundang para ASN yang akan melaksanakan ibadah haji di tahun ini. Selain itu juga untuk memberikan masukan dan memohon doa restu sekaligus permohonan maaf, agar dalam pelaksanaan ibadah haji nantinya diberikan kemudahan dan kelancaran.

“Mudah-mudahan para ASN yang akan melaksanakan ibadah haji tahun ini menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” ujarnya.

Dirinya meminta kepada petugas haji, agar memberikan pelayanan yang maksimal kepada jamaah haji, terutama jamaah haji yang sudah lanjut usia (lansia) baik dari tim kesehatan maupun tim pendamping ibadah sehingga tidak ada lagi jemaah yang terlantar atau memiliki kesulitan.

Ia menuturkan pada tahun 2024, terdapat calon jamaah haji di Kabupaten Bekasi yang masuk kategori lanjut usia sehingga memiliki keterbatasan dan harus diberikan pelayanan ekstra dan pendampingan

“Saya minta berikan pelayanan yang terbaik kepada jamaah haji lansia, apalagi nanti di bulan Juni cuaca di kota Mekah panas sehingga mereka perlu pelayanan kesehatan agar khusuk dan lancar,” tandasnya.

Sementara itu, Perwakilan petugas haji daerah Kabupaten Bekasi, Edward Sutarman mengatakan,  para petugas haji telah diberikan latihan secara fisik yang melibatkan personel TNI. Tujuan dari pelibatan personel TNI ini agar para petugas haji dapat menguasai medan penugasannya saat berada di tanah suci nanti.

“Kami sebagai petugas haji sudah mendapatkan kloter masing-masing, dan kami siap melayani para jamaah khususnya jamaah haji Kabupaten Bekasi,” ujarnya singkat. (kb)